Ayat Hari Ini:

Saturday, June 30, 2007

Membuat E-Book Gratis

Sebenarnya sudah lama memperhatikan munculnya berbagai macam e-book di internet. E-book sepertinya mulai menggantikan posisi buku, meskipun bagi pembaca konvensional masih lebih menyukai membaca buku daripada e-book.
Tadinya mencoba menulis di blog untuk mengumpulkan kotbah dan pemikiran2 pribadi, tetapi kemudian mulai terpikirkan untuk membuat buku sendiri (dalam hal ini e-book), dengan satu tema yang diminati dan mungkin juga menjualnya lewat internet???! Siapa tahu ada penerbit yang melihatnya dan berminat menerbitkannya...Tapi, ada yang lebih menarik dari pada menjualnya, yaitu cara membuat e-book dan covernya dengan gratis dan tanpa biaya.

Yang paling sulit dari pembuat e-book adalah bangun dari mimpi. Lho!? Karena biasanya mimpi sudha berjalan terlalu jauh, sementara yang dibuat belum ada sama sekali. Maka, perlu bangun dari mimpi dan mulai mempersiapkan materi yang akan ditulis.

1. Mempersiapkan materi dengan mempergunakan Microsoft Word ataupun dengan menggunakan editor dari OpenOffice yang gratis. Usahakan dalam membuat tulisannya disesuaikan dengan layout buku, sehingga mempermudah waktu akan dikonversi.

2. Memilih converter untuk membuat e-book. Saya memilih format PDF yang lebih universal dan bisa dibuka dengan Acrobat Reader yang gratisan. Untuk merubah format .doc ke dalam bentuk .pdf, saya merekomendasikan PrimoPDF v3.1 yang bisa didownload gratis. Download PrimoPDF.

Tapi, kalau buku yang dibuat ukurannya kurang dari 1 MB, maka saya merekomendasikan Neevia.com. Neevia bisa membuat bookmark dan pages dari Word dokumen. Tidak perlu mendownload programnya, langsung bisa dikonversi di internet.

3. Tugas berikutnya adalah membuat cover dari e-book. Ini juga merupakan pekerjaan yang sulit, karena sulit mendapatkan cover dan biasanya harganya mahal. Sesudah mencari sekian lama di Google Search, akhirnya saya mendapatkan satu site yang memberikan banyak cover template yang gratis, tinggal kita menambahkan sedikit kreativitas dan tulisan di dalam template itu. Silahkan lihat di eBookCovers.us. Di site ini bisa ditemukan 11 template Flat covers, 11 template 2D Covers dan 101 template gratis lainnya. Semuanya bisa didownload gratis.
Saya memakai ACD Foto Canvas 3.0 dan Paint untuk penulisan dari huruf-hurufnya. Yang lebih baik dengan menggunakan Photoshop. Ada beberapa tutorial gratis di internet bagaimana membuat cover dengan mempergunakan Adobe Photoshop. Salah satunya adalah Tutorial dgn Photoshop. Saya tidak punya software ini (ada sih tapi bajakan, malas untuk install ke notebook), maka saya mempergunakan Paint dan ACD yang gratisan dan sudah ada di notebook saya.

4. Tahap terakhir adalah mempublikasikan e-book ini. Saya sendiri belum terlalu mengerti bagaimana mempublikasikannya dengan baik.

Anda tertarik membuat e-book? Selamat Mencoba!

0 Komentar:

Post a Comment