Ayat Hari Ini:

Wednesday, May 7, 2008

Persiapan Pindah Rumah

Pindah ke rumah yang baru seringkali menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami stress. Karena tempat yang baru menuntut beberapa penyesuaian. Biasanya perlu beberapa persiapan sehingga siap untuk pindah ke rumah yang baru.
Untuk rumah tempat tinggal yang sementara saja perlu persiapan, bagaimana dengan pindah ke rumah yang kekal?

1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
Yohanes 14:1-3


Sudah Tersedia
Berbeda dengan rumah di dunia ini yang perlu dibeli, dicari dan bahkan dibangun sendiri, maka rumah di dalam kekekalan sudah tersedia. Uniknya, rumah itu disediakan gratis oleh Sang Pencipta. Bukan bergantung pilihan dan keinginan kita, tetapi berdasarkan kerelaan kehendak Sang Pencipta yang memberikan anugerah. Yang pasti, seperti pada waktu Ia menciptakan dunia ini dan memberikan yang terbaik bagi manusia, maka ciptaan baru-Nya adalah tempat yang lebih indah, mulia dan sempurna.

Jaminan ketersediaan tempat tinggal ini dipertegas dengan kenaikan Tuhan Yesus. Tempat tinggal di rumah Bapa dijamin oleh Tuhan Yesus bagi umat-Nya. Hanya bagi umat-Nya tempat sudah disediakan. Sementara yang tidak percaya kepada Yesus Kristus harus menyediakan tempat bagi dirinya sendiri!

Manusia tidak perlu membantu Tuhan untuk mempersiapkan rumah baginya dalam kekekalan. Karena ketika kita ingin membantu dan mengaturnya, maka kita sedang menunjukkan bahwa kita kurang percaya bahwa sang Pencipta mampu menyediakan segala sesuatunya. Lagipula kita belum pernah pergi ke dalam kekekalan. Bagaimana mungkin kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya? Bagaimana caranya kita 'membangun dan menyediakan' tempat bagi diri kita dalam kekekalan? Mungkinkah!?

Pengembang dan Penjemput
Tuhan Yesus yang menyediakan tempat bagi umat-Nya. Artinya, Ia-lah yang menjadi Pengembang. Ia yang mencipta dan mempersiapkan semuanya. Lebih menarik lagi, Ia juga yang menjemput umat-Nya untuk tinggal di tempat itu.

Yesus Kristus ternyata bukan hanya menyediakan tempat tinggal, sesudah itu menawarkan kepada manusia siapa yag mau tinggal silahkan datang dan tinggal bersama-Nya. Melainkan Ia tahu bahwa tidak ada yang sanggup untuk menyediakan tempat tinggalnya, dan bahkan tidak akan sanggup untuk datang ke tempat kediaman-Nya yang kudus dan sempurna. Maka, Ia sendiri yang harus menyediakan, menguduskan dan menjemput umat-Nya.

Yesus Kristus adalah Pengembang yang bertanggung jawab, sekaligus Penjemput. Bahkan kalau melihat di ayat 4 dan 6, Yesus Kristus juga adalah satu-satunya Jalan ke tempat itu.

Perlu Persiapan?
Kalau kita tahu tempat tinggal di dalam kekekalan sudah tersedia, maka kita harus berhenti gelisah. Tidak ada yang perlu dikuatirkan lagi tentang kehidupan yang kekal. Bahkan kita bisa melihat bahwa kematian akan menjadi gerbang kepada keuntungan untuk berdiam bersama Kristus sampai selama-lamanya.

Selain itu, kata Tuhan Yesus kita hanya perlu percaya saja. Percaya bahwa Allah sudah menyiapkan yang terbaik dan tanpa perlu usaha dan bantuan kita. Kita tidak perlu membayar down payment dan mempersiapkan cicilan, karena semua kekayaan di dunia ini tidak sanggup membelinya.

Yang bisa kita lakukan hanyalah bersiap untuk pindah rumah. Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan sebagai persiapan:
1. Merindukan tempat tinggal baru yang sempurna
2. Bersiap untuk kehilangan semua hal yang sementara
3. Hidup selalu bersyukur karena sudah dapat hidup yang kekal
4. Menyelesaikan tugas kita di dunia sebaik mungkin bagi kemuliaan Allah yang sudha memberikan anugerah-Nya bagi kita
5. Menikmati dan memanfaatkan yang sementara sebagai persiapan menikmati hidup yang kekal
6. Hidup kudus sesuai panggilan
7. ..... (Isi sendiri)

Berbahagialah orang-orang yang sudah disediakan tempat tinggal di dalam kekekalan, karena tidak ada yang perlu dikuatirkan lagi ketika menghadapi kematian dan masuk dalam hidup yang kekal.
Sudahkah Anda bersiap untuk pindah rumah?

0 Komentar:

Post a Comment