Ayat Hari Ini:

Monday, August 25, 2008

Custom Domain untuk Blogspot

Akhirnya sudah waktunya untuk roielministry.blogspot.com mendapatkan domain baru. Tadinya sudah beli di salah satu penjual domain di Indonesia, roielministry.com. Tapi, dari penjualnya ga di custom domain, cuma dibuatin script untuk roielministry.com bisa di point ke domain blogspotnya. Begitu doang.

Kurang puas dan memang pengen dapat domain dengan .org, jadi cari di internet bagaiman caranya bisa custom domain di blogspot dengan cepat dan gampang. Tentu saja juga salah satu syaratnya adalah bisa menerima pembayaran dengan PayPal atau Moneybookers. Soalnya, ada duitnya di dua account itu. Akhirnya dapat juga, ditambah dengan petunjuk lengkapnya dan harga yang transparan dari awal untuk semua jenis domain dan harga di tahun2 berikutnya. Namanya adalah Dynadot. Berapa harganya untuk domain satu tahun? $8.99 USD untuk .com tapi karena saya beli yang .org cuma $6.99. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk custom domain? Kira-kira 10 menit termasuk dengan pembayaran lewat PayPal.

Cara untuk menambahkan Google CNAME di Dynadot
Langkah-langkah menambahkan Google CNAME ke domain yang sudah dibeli:
1. Log in ke Dynadot.
2. Klik "Domains" tab di bagian atas.
3. Cek kotak di samping nama domain dan klik kotak berwarna abu2 "Set Name Servers".
4. Turun ke bagian bawah dan lihat kotak "Advanced Dynadot DNS".
5. Untuk data domain yang pertama, pilih "CNAME" pada type dan masukkan "ghs.google.com" sebagai Target Host.
6. Untuk data subdomain, masukkan "www" sebagai subdomain, pilih "CNAME" sebagai data type dan masukkan "ghs.google.com" sebagai Target Host.
7. Terakhir klik "Use Dynadot DNS".

Cara untuk Custom Domain di Blogspot
Kemudian masuk ke Blogger Dashboard:
1. Pergi ke Setting
2. Klik Publishing kemudian klik "Custom Domain"
3. Dibawah "Buy a domain for your blog", klik "Switch to advanced settings"
4. Ketik nama domain, contoh domain saya: roielministry.org (tanpa www). Kemudian save settings.
5. Klik "redirect www.DomainAnda.com to Domain.com"
6. Jangan lupa, Save Settings.

Beberapa menit kemudian, Anda sudah memiliki domain baru, dan semua link akan berubah secara otomatis. Hosting dan postingnya nya tetap di blogpsot, tapi sekarang dengan domain baru. Orang2 yang klik domain blogspot Anda secara otomatis akan diarahkan oleh blogger ke domain yang baru. Tentu saja akan kehilangan Google PageRank dan Alexa Rank. Tapi, kayanya akan kembali lagi.

Dynadot adalah ICANN accredited registrar, jadi bukan reseller seperti beberapa penjual domain dan hosting di Indonesia. Jadi, kalau mau pakai domain baru dan tidak mau mempergunakan yang disediakan oleh blogspot yang lebih mahal, maka Dynadot bisa menjadi salah satu alternatif. Untuk mempelajari Dynadot lebih lanjut, silahkan ke www.Dynadot.com.




0 Komentar:

Post a Comment