Ayat Hari Ini:

Wednesday, December 27, 2006

Who am I? I hope I could answer too..

Lahir dari keluarga Kristen di hari minggu siang jam 15.00 tanggal 18 Juni 1972 di Manado dengan nama Ronald Arthur Harold Oroh. Harusnya pertanda baik:) Dari keluarga Kristen, di hari minggu lagi. Hidup dimulai di hari perhentian...Ternyata, 17 tahun lamanya jadi Atheist. Sudah dibaptis dari umur 3 tahun (kalo ga salah ingat), tapi sampai umur 17 tahun, hampir tidak pernah masuk ke gereja pada hari minggu. Mungkin karena lahir minggu, maka dunia ini rasanya jadi tempat perhentian yang nyaman...Ini menyalahkan keadaan.

Dilatih utk membuat kotbah oleh Tuhan pada saat SMP-SMA. Caranya, karena tidak pernah ke gereja, sementara setiap minggu ada tugas agama utk membuat ringkasan kotbah, maka pertama-tama suka nyontek catatan dan nitip tanda tangan Pendeta ke ade saya.. Lama-kelamaan ga boleh lagi, karena dilarang. Akhirnya harus membuat kotbah sendiri dan tanda-tangan sendiri, mentahbiskan diri sendiri menjadi pendeta...(Dosa saya banyak sekali dalam hal ini).

Umur 17 tahun akhirnya bertobat, karena memikirkan tentang masa depan (maksudnya hidup kekal). Satu minggu tidak bisa tidur, penuh ketakutan, karena tidak ada kepastian dalam hidup ini dan hidup yang akan datang. Sampai di hari Jumat, ada Kebaktian Kebangunan Rohani di sekolah, pendetanya bicara tentang Tuhan Yesus dan memberi jawaban dari pertanyaan2 saya. Aneh, hari itu saya mendapatkan anugerah Tuhan dan bisa terbuka dengan ayat2 Alkitab yang sudah dibaca tapi tidak pernah mengerti. Tapi, apa yang terjadi? Saya diketawain oleh teman2 yang lihat saya angkat tangan waktu KKR, bagi mereka lucu, karena akhirnya saya bertobat. Mereka tidak percaya, kalau saya bisa juga bertobat. Padahal, mereka yang rajin ke gereja dan aktif di gereja, harusnya sukacita melihat ada yang bertobat, dan bukan diusilin. Maka hari itu, saya berjanji, selama tinggal di Manado, saya tetap tidak akan masuk gereja.

Beberapa bulan kemudian, di tahun 1990, di terima di Matematika UI dan pindah ke Depok. Ko bisa masuk UI? Ceritanya begini. Orang tua saya sebenarnya tidak mampu kalau harus biayain saya kuliah. Jadi, lebih baik cari beasiswa ke luar negeri. Kakak saya yang paling tua sudah dapat beasiswa di Australia. Jadi, saya tdk pernah mikir utk ikut UMPTN, apalagi persiapan. Ternyata saya tetap disuruh untuk ikut UMPTN oleh orangtua saya. Karena luluspun ga mungkin kuliah, maka saya hampir tidak belajar sama sekali (sehari sebelum UMPTN teman2 datang bawa soal thn sebelumnya dan minta saya bahas sama2- di sini satu2nya kesempatan belajar), apalagi beberapa minggu sebelumnya saya kecelakaan mobil dan harus dijahit di dua tempat di kepala saya dan membuat kepala saya pusing selama beberapa minggu. Waktu memilih jurusan, saya pilih Mat UI. Karena tidak mungkin diterima. Yang akan diterima cuma 50 org tp peminatnya bnyk banget. Maka saya pilih. Soalnya kalo tidak diterima, ada alasannya, 'terlalu banyak peminatnya.' Eh, anehnya justru diterima di Matematika UI. Ini namanya anugerah..

Tujuan hidup di UI, belajar dan berharap punya pacar 2 tahun kemudian. Yang terjadi, 2 tahun kemudian jadi pengurus Persekutuan Mahasiswa di PO FMIPA UI. Jadi jatuh cinta dengan Persekutuan Mahasiswa, dan jadi jarang belajar (karena selain terlibat pelayanan, harus juga ngajar les private untuk biaya hidup). Bahkan sampai tidak mau lulus lebih cepat (harusnya skripsi yg dimulai di tahun 1994 bisa selesai di tahun 1995, tapi saya pilih cuti akademik), demi utk bisa menjadi Ketua POSA (Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika) UI. Aneh, tapi terjadi. Tahun 1995, jadi ketua POSA UI.

Sejak tahun 1994, mulai dapat kesempatan berkhotbah di Persekutuan Mahasiswa. Artinya, kalau dihitung sampai sekarang ini sudah memasuki tahun ke-13. Lumayan lama juga, tapi rasanya koleksi kotbah2nya belum banyak dan masih harus banyak belajar nih.

Tahun 1996 menerima tantangan untuk menjadi Hamba Tuhan sepenuh waktu dalam KKR Kamp Nasional Perkantas. Tapi, baru tahun 1998 masuk sekolah teologi di Institut Reformed, Sunter. Sebenarnya daftar dan dites di program S.Th., tapi ditolak, dan diterima di M.Div. Aneh...

Tahun 2000 diberi kesempatan untuk menjadi Dosen di Institut Reformed, menggantikan Dosen yang sedang hamil. Dan ternyata itu berlangsung terus sampai pertengahan 2006. Saya mengajar Biblical Hebrew, Biblical Greek, General Epistles and Paul's Letters. Hampir semua mahasiswa di situ pernah jadi muridku, kecuali angkatan pertama (saya masuk angkatan pertama, ada beberapa orang akhirnya jadi muridku juga...aneh).

Tahun 2001 mulai mengajar di STRIJ sampai pertengahan 2006. Telah mengajar hampir semua doktrin dalam Systematic Theology (kecuali doktrin gereja), Biblical Theology, bahasa Ibrani, Yunani dan Etika. Jadi punya ratusan murid dari berbagai macam gereja.

Pengalaman menjadi gembala sidang hanya setahun lebih beberapa bulan di MRII Matraman, diantara tahun 2004-2005. Mundur dari gembala sidang, karena tidak sanggup melayani jemaat yang terus nambah. Banyak orang anggap aneh....

Keluar dari pelayanan di GRII pada bulan September 2006, dan memulai hidup baru dengan pelayanan yang bergantung hanya pada Tuhan sampai sekarang ini...Inipun dianggap aneh, mengapa keluar dari gereja besar dengan segala kemapanan hidup dan pelayanan yang sudah tersedia, dapat kesempatan untuk keliling ke beberapa kota di Indonesia dan bahkan ke luar negeri? Eh..Malahan memilih pelayanan sendiri tanpa lembaga dan tanpa honor??? Aneh...

Ternyata sampai saat ini masih dipelihara oleh Tuhan dan diberikan hidup yang berlimpah. Bahkan masih banyak kesempatan yang diberikan Tuhan untuk berkhotbah dan mengajar di berbagai gereja, denominasi, kampus, sekolah, kantor dan persekutuan2.

Sekarang ini, di mana gereja dan pelayanan tetap saya? Hampir setiap minggu berkhotbah pindah2 dari satu gereja ke gereja yang lain. Keanggotaan saya di Gereja yang Am, yang ada di dalam Kingdom of God.

Sudah selesai ceritanya? Belum...Suatu saat cerita ini akan terus bertambah dengan keanehan (sebenarnya mungkin keunikan) dan keanehan yang lain lagi...Sampai nanti bertemu dengan Tuhan.. And I will see Him face to face and tell the story, saved by grace...

23 Komentar:

saxman said...

Oh Anda toh Ev. Ronald Oroh, waktu itu saya gak dateng pas Anda khotbah..

Tau blog ini dari statistik referrer situs GBI Grogol, kebetulan saya pengelola situs itu plus editor audio khotbah2. Hehehe..

Kalo Anda suka menulis mengenai PA atau artikel Kristen, bisa posting di SarapanPagi: www.sarapanpagi.org

Tetap semangat melayani Tuhan!

Blessings,

Yohanes Kurniawan
(www.saxman.info)

Stranger said...

Gitu dong dari dulu, biar bisa comment nih...

keropok lekor said...

Salam daripada Cahaya Nusantara, bolehkah saya postkan beberapa artikel saudara? Dan berminat untuk membantu dalam menulis/menyumbang artikel?

Ronald said...

Salam kenal keropok lekor. Boleh saja untuk post artikel saya. Kehormatan buat saya kalau artikel2 bisa dipost ke tempat lain. Thanks.
Cahaya Nusantara is very interesting. Hopefully many people in Nusantara will see and read it.

Garam Dunia said...

Wah wah, jarang-jarang bertemu dengan blog yang disusun sangat baik seperti ini (mudah dinavigasi dan lengkap isinya), pada saat yang sama berdasarkan teologi yang sehat.

Saya yakin membawa berkat untuk para pembacanya, dan biarlah kemuliaan hanya untukNya!

Anonymous said...

Salam kenal Ev. Ronald,

kenapa pake nama baron arthur sih?
terus itu yg lagi dipromosikan "2 in 1" itu apa ya?
gokil jg ya blog nya.:)

blessings...
adr

Baron Arthur said...

Baron itu singkatan dari Bang Ronald. Sedangkan Arthur adalah nama kedua saya. Kadang-kadang perlu nama samaran. Kalo di dunia maya, dikenal dengan username.

wulan said...

Hi Ev Ronald or Baron :-)
Unik sekali pembentukan Tuhan atas diri bang Ronald...
Maju terus tuk jadi berkat bagi banyak orang ya...
To God be the Glory!

wulan - sttaa
ehalimindjaja@yahoo.com

Soegianto said...

Hampir.. hampir saya tidak percaya dengan atas pekerjaan TUHAN dibalik bang Ronald Oroh yang saya tahu, sungguh benar-benar keanehan, ataukah boleh disebut tidak ada yg kebetulan di dalam dia... Tetap semangat melayani dibalik independensinya... Semoga TUHAN terus memberkati

Salam


Soegianto

Anonymous said...

Hi bang....
Udah 3 kali aku denger khotbah abang!! Aku tertarik dengan "masa depan adalah masa lalu". I think it's a great statement!! Nice 2 now you bang!!!JBU..=)))
_nDA_

nancy said...

hai,
salam kenal. senang bisa ketemu dengan blog ini. torang sama2 dari manado.lol

Anonymous said...

Horas...
Masih kah kau ingat waktu di POSA...
(Gaya Gereja Tua)
bagiku semua yang kau katakan/tuliskan tiada yang aneh karena memang dunia ini yang aneh cilakanya banyak orang memilih yang aneh. Haleluya betapa aku bahagia dan berdoa agar ke"aneh"-anmu" terus dipakai untuk kemuliannya.
Bagikan terus harta abadi itu ya
Panca

Anonymous said...

KaK Ronald Oroh

Terkaget- kaget saya melihat senior yg satu ini, ternyata sudah menjadi pengijil. Aneh ...

Mungkin bisa di beri sebut " Penginjil Aneh "
Tetapi Aneh bagi manusia, belum tentu Aneh Bagi Tuhan.

Mungkin ada satu lagi keanehan yg bisa ditambahkan dalam cerita beliau ini.Beliau ini membakar semua Buku Kuliah milik beliau yang merupakan hasil FOTO COPY pada masa kuliah di UI dahulu. Tindakan yang aneh pada masa itu dan sekarang.

Oke deh KaK Ronald eh... BAron Aneh ... Semoga pelayanannya menjadi banyak manfaat.Sekalian minta ijin nih ,mo ambil tulisan- tulisan KaK Ronald ke milis yg saya buat dan kelola.

GBU
Ishak F Wuwung ( Moderator Milis gpdipos )

roielministry said...

Ishak, silahkan diambil seperlunya..

Btw, jangan buka kartunya disini, malu ah:))

Anonymous said...

apa kabar ron-ron? sekarang tinggal di alamat mana?

(salam teman sekamarmu)...

Ronald said...

Saya ga pernah sekamar dengan Anonymous:))

Sekarang tinggal di Jakarta...

Danny Wiratama said...

Sejak tahun 1994, mulai dapat kesempatan berkhotbah di Persekutuan Mahasiswa. Artinya, kalau dihitung sampai sekarang ini sudah memasuki tahun ke-13. Lumayan lama juga, tapi rasanya koleksi kotbah2nya belum banyak dan masih harus banyak belajar nih.

>> Ko Ronald, ada saran nih.. gimana kalau khotbahnya ko Ronald direkam pribadi.. trus diupload. (Yg ada di blog ini cuma satu ya yang judulnya "Rancangan Allah"). Karena saya dan teman-teman Poerista selalu dapat berkat dari khotbah2 Ko Ronald :).. supaya bisa makin belajar. thx & Gbu

Baron Arthur said...

Danny, ada beberapa orang yang bilang begitu juga. Cuman saya gak konsentrasi kalo harus mikirin rekaman. Dulu sempat coba beberapa kali. Belum sanggup.

Anonymous said...

Tuhan yang sanggupkan ko :)
With God all things are Possible

God Bless ^^

ana siregar said...

halo pak..
mengenai foto..yang Yesus disalib...itu beneran..kaget liatnya...:)

Anonymous said...

Ev.Ronald anda memang tiada duanya, anda Ev yg sgt memberi warna.Saya yakin ke depan Ev.Ronald akan terus menjadi berkat,karena apa yg pernah anda sampaikan semua benar. Tuhan Memberkati.

Anonymous said...

Hi ko.. sy baru tau org yg sll sy dgr kotbahnya pny username baron arthur.. hehe.. kebetulan lg baca2 blog nemu blog ini dan rasa2nya kenal sama ev.ronald.. udh lama bgt ya blog ny tp sy baru baca.. btw, sy kagum deh sama koko, bermasa dpn cerah tp rela Ninggalin semua dan jd hamba Tuhan..

Dewi Sartika Siagian said...

Wow luar biasaa. Tuhan berkati dan pimpin Bapak selalu :)

Post a Comment