Ayat Hari Ini:

Tuesday, April 8, 2008

Backpacker (3): Exploring Sydney

Sydney, April 3, 2008
Sampai di Sydney Central Station sudah 09:30am. Ke counter Greyhound lagi, beli tiket ke Melbourne (keputusan yang tepat, karena sebelum jam 6:00pm counternya sudah tutup). Sengaja pilih bus yang berangkat jam 8:00 malam, biar ada waktu lebih lama jalan-jalan di Sydney. Cari toilet utk sikat gigi dan cuci muka sama tempat nitip koper, ketemu di corner Eddy Ave and Pitt St. di kompleks Central Station jug, bayar $10 sampai jam 6:00pm. Sekaligus dapat peta City, sama peta Sydney Explorer dan Bondi Explorer.
Pelajari map Sydney CBD selama beberapa menit, kemudian jalan ke tempat stop 16 Sydney Explorer, di dekat jalan masuk Central Station. Sebelumnya mampir di 7 eleven, beli burger sama air minum + susu. Perjalanan keliling Sydney segera dimulai.

Sydney Explorer
Beli tiket one day combined Sydney & Bondi Explorer di dalam bus Sydney Explorer, A$39 untuk seharian, berlaku juga untuk Regular Sydney Buses. Ada 27 stops, dua jam lebih di dalam bus kalau keliling semuanya. Keliling semuanya, sampe di beberapa stops, tinggal sendirian di dalam bus. Sopirnya tetap aja jalanin tugasnya dengan baik jelasin semua stops dan tempat-tempat wisatanya. Rasanya seperti naik taksi terbesar selama satu jam, lebih luas dan lebih panjang dari limousine.
Stop pertama di Chinatown. Selanjutnya yang keingat Sydney Fish Market, The Rocks, Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge dan Mrs Macquarie's Chair (tempatnya bagus banget).
Beli burger lagi untuk lunch di Circular Quay, sambil nunggu Bondi Explorer.

Bondi Explorer
Bondi Explorer hanya punya 19 stops, tapi keseluruhannya bisa makan waktu 2 jam juga. Berbeda dengan Sydney Explorer, Bondi Explorer keliling pantai2 di Sydney. Menarik sekali. Beruntungnya, dapat bus driver yang baik banget. Di setiap stop yang viewnya bagus banget, dia kasih waktu beberapa menit untuk turun, foto2 dan menikmati sambil ditungguin. Khususnya di Rose Bay Convent, Watsons Bay, The Gap, Bondi Beach, Bronte Beach and Coogee Beach. Betul-betul tidak rugi membayar $39 untuk semua keindahan ciptaan Tuhan dan kebaikan sang bus driver.
Kadang-kadang Tuhan menyatakan kebaikanNya dengan memakai manusia untuk menyatakan kebaikanNya, Thank God for the bus driver.

Foto-foto dan map dari Sydney Explorer dan Bondi Explorer bisa dilihat dan didownload di Sydney Explorer.

Ada yang kurang dan belum dicoba, traveling dengan Sydney Ferries and Trains. Perlu membeli Sydney Pass dan tidak bisa satu hari untuk semuanya. Mungkin suatu saat ada waktunya.

Cerita sebelumnya bisa dilihat di Backpacker (2): BNE-SYD

0 Komentar:

Post a Comment